Berita dan Artikel‎ > ‎Berita‎ > ‎

Rapat Kerja Provinsi IAP Jawa Barat

diposting pada tanggal 7 Mar 2014 18.27 oleh Web IAP Jabar   [ diperbarui15 Mar 2014 04.29 ]

Bertempat di Hotel Bumi Sawunggaling Bandung, pada 9 Maret 2014, IAP Jawa Barat telah menggelar acara Rapat Kerja Provinsi yang sekaligus merupakan pengukuhan pengurus periode 2014-2016. Diawali pengukuhan oleh Ketua IAP Nasional dan pembacaan ikrar pengurus, pertemuan dilanjutkan dengan berbagi motivasi dan inspirasi terkait nilai penting IAP dalam aspek keprofesian dan wadah silaturahmi oleh Dr. Hetifah Sjaifuddian mewakili Dewan Pembina IAP Jabar. Penyegaran kembali pemaknaan peserta akan peran perencana, tantangan ke depan, isu-isu aktual perencanaan tata ruang Indonesia dan dunia serta bagaimana idealnya sebuah ikatan ahli perencana disajikan oleh Ir. Bernardus Djonoputro selaku Ketua Umum IAP Nasional.

Ketua IAP Jabar periode 2014-2016, Dicky Handrianto, MSc memberikan pengarahan secara terperinci mengenai kebutuhan, strategi dan program IAP Jabar termasuk arah, tujuan, isu dan tantangan kepengurusan. Permasalahan terkait sertifikasi merupakan poin yang cukup dominan mewarnai diskusi. Harapan IAP sebagai fungsi kontrol dalam rangka menegakkan kode etik profesi perencana juga tak luput dari pembahasan peserta Rakerprov. Kolaborasi IAP Jabar dengan para pemangku kepentingan baik pemerintah Jawa Barat, Dinas-dinas, perguruan tinggi, legislatif, maupun forum warga merupakan salah satu agenda penting dalam kepengurusan. Diskusi menarik juga berlangsung pada hal-hal yang menyangkut keorganisasian seperti pemutakhiran data anggota, alternatif pengembangan sumber dana organisasi, penyepakatan jenis keanggotaan, dan strategi publikasi IAP. Pada akhir acara, masing-masing pengurus diberikan kesempatan mengeksplorasi pemahaman, ide serta gagasan untuk disempurnakan menjadi program kerja dan mengerucutkan pembahasan menjadi poin-poin usulan untuk Rakernas mendatang di Surabaya. 

Secara keseluruhan acara Rakerprov IAP Jabar telah berhasil menjadi titik awal langkah kepengurusan dalam menjalankan tugasnya selama masa kerja 2014-2016. Tidak hanya menghasilkan kesepakatan-kesepakatan program kerja, acara ini juga telah menjadi sarana menumbuhkan semangat, komitmen dan energi positif untuk membangun Ikatan Ahli Perencana Provinsi Jawa Barat yang membanggakan.